SEPEKAN KE MA'HAD Al UMMAH PERAK, MALAYSIA



Ada pengalaman yang sangat menarik saat saya bersama sebanyak 7 santri MA Diniyyah Al Azhar (DIAZ) Muara Bungo melaksanakan kegiatan Program Pengabdian Masyarakat (PPM) pada tanggal 3.s.d 14 November 2018 di Ma'had Al Ummah, Negeri Perak, Malaysia. Sebuah perbedaan bahasa dan budaya ternyata tidak menyurutkan semangat komunikasi dan interaksi para santri DIAZ yang notabene belum pernah menginjak negara lain. Tidak ada sedikit ketakutan dan kecanggungan dari tapi semangat menjadi ukhuwah dan silaturahim telah mengikat hubungan persahabatan antar para pelajar yang berbeda bangsa ini.
Hubungan emosional yang kuat selama mereka melaksanakan PPM dengan para santri disana telah meninggalkan rasa haru dan bangga saat mereka sudah harus mengakhiri kegiatan PPM dan kembali ke tanah air.
Pengetua Ma'had Al Ummah Ust Abdul Azis bin Musa mengaku sangat tertarik dengan program yang dikembangkan MA Ponpes DIAZ ini dalam membangun mentalitas antar bangsa, khususnya negeri yang serumpun.
"Kita akui, para santri yang melaksanakan kegiatan PPM disini, bagus-bagus kualitasnya, mudah-mudahan mereka sukses menggapai cita-cita mereka kedepan", ujarnya.
Selain mengunjungi ma'had al ummah, santri PPPM Diaz juga berkunjung ke Ma'had Al Barkah






Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENERIMAAN SANTRI BARU MA PP DINIYYAH AL AZHAR MUARA BUNGO-JAMBI

MENGEMBALIKAN KHITTAH SISTEM MADRASAH DI PESANTREN